Tuesday, April 21, 2015

Mempelajari Usaha Sampeu

Halo rekan-rekan sekalian, hari ini saya akan membahas tentang tanaman sampeu dan budidayanya.
Pertama apa itu sampeu.? Sampeu adalah sejenis umbi-umbian yang biasa dimakan oleh masyarakat khususnya daerah Bandung pasti sudah hafal betul bagaimana itu sampeu, tanaman ini mempunyai batang lurus yang panjangnya bisa mencapai 150cm atau lebih dengan diameter kurang lebih 5cm. Lalu di bagian atas terdapat daun yang khas.

Tanaman ini daunya biasa di gunakan sebagai lalapan makan ditambah sambal, ikan asin, liwet emm mantap lah... lalu akarnya(sampeu) biasa digunakan untuk makanan sehari-hari, membuat tape atau peuyeum makanan khas Bandung.
Sampai disini kita akan mempelajari tentang penanaman sampeu, caranya cukup mudah yaitu batang tanaman sampeu di potong menjadi seukuran sepatu atau satu jengkal(secukupnya saja) lalu batang tersebut sebagian di tanam di tanah dan sebagian lagi ada di atas permukaan tanah, jarak antara pohon yaitu kisaran 75cm sehingga akar dapat berkembang secara bebas. Nantinya tanaman ini akan tumbuh sendiri tanpa perlu banyak perawatan dan dalam jangka waktu 3 bulan tanaman ini sudah bisa di panen.
Namun anda mau untuk melakukan perawatan berikut tips perawatan dari saya:
- Diberikan pupuk agar Sampeu tumbuh lebih besar
- Disiram setiap hari agar tanaman menjadi subur
- Pastikan menanam di tempat yang terkena sinar matahari
- Pucuk daun ada yang bilang bahwa itu harus di petik dan ada yang bilang tidak ( untuk yang satu ini saya sedang melakukan eksperimen di kebun saya sendiri)
Sekian dari saya, hal hal di atas adalah sesuai pengetahuan yang saya dapat, bila ada kesalahan informasi atau anda meiliki informasi lain bisa menghubungi saya.

Terima kasih.

Gambar terkait : 
Tanaman Sampeu
Tanaman Sampeu
Batang tanaman sampeu

Lalaban Daun Sampeu
Sampeu

Sampeu (Singkong) Keju
 
Sumber :
- Google

No comments:

Post a Comment