Wednesday, April 22, 2015

Mempelajari Usaha Tanaman Hias (tulip)



Hari ini saya akan membahas tentang bunga tulip dan budidayanya, pertama apakah bunga tulip itu.?
Bunga tulip adalah bunga yang menurut saya adalah bunga yang cantik dan penuh warna, bunga tulip ini dikenal masyarakat banyak sebagai bunga dari negara Belanda, dikarenakan taman bunga di daerah sana yang bernama Keukenhof Garden. namun konon katanya bunga tulip ini berasal dari kawasan Asia tengah, yang tersebar melalui hubungan bilateral yang terjadi pada saat itu.
Bunga Tulip
Bunga Tulip Merah

Bagaimana indonesia mengenal bunga Tulip.?
Pada saat belanda menjajah indonesia mereka membawa bunga tulip yang juga dikembangkan di indonesia, dari sanalah mulai muncul budidaya bunga tulip.




Setelah tahu apa itu bunga tulip anda akan tahu betapa menariknya bunga tulip ini, sekarang saya akan memberikan informasi sebelum membudidayakan bunga tulip.

1. Tanaman hanya bisa ditanam di kawasan beriklim lembab dan bersuhu rendah
Untuk itu, Anda perlu memilih kawasan pegunungan untuk bisa mendapatkan habitat yang tepat untuk budidaya tulip. Beberapa kota seperti Bogor, Ambarawa, Magelang, Malang, Wonosobo dan beberapa kota dingin lain akan menjadi pilihan tepat.
2. Perhatikan betul cara tanam dan pembibitan pada kawasan tropis
Ada beberapa cara khusus dalam menanam bunga tulip Belanda ini di kawasan tropis, meskipun Anda sudah memilih kawasan dingin dengan suhu dan kelembaban sesuai pada tips pertama. Pasalnya di kawasan aslinya, bunga ini perlu mengalami masa peralihan musim dingin ke musim semi pada masa awal pembibitan. Kondisi suhu yang tidak mungkin secara alami Anda hadrikan di iklim tropis. Adapun beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menanam bunga tulip Belanda di kawasan tropis adalah :Pastikan bunga mekar lebih lama
3.Untuk bisa menjaga bunga tetap segar, cara klasik adalah dengan memberi asupan vitamin c baik dengan cara semprot atau dengan rendaman. Namun khusus untuk bunga tulip Belanda, Anda bisa dapatkan bunga mekar lebih lama dengan cara menusuk sisi bawah bunga masih kuncup dengan jarum jahit hingga tembus. Gas Etilen yang lepas dari proses ini membantu menjaga bunga lebih tahan lama. Selain itu, Anda juga perlu memotong bunga tulip ini tidak jauh dari umbinya demi mendapatkan umbi yang sehat dan bunga yang segar lebih lama.
Tips Tulih Agar Awe

4. Simpan umbi dalam kulkas selama 2 hari dengan dibungkus Koran demi mencegah bibit menjadi terlalu lembab dan berjamur. Jangan satukan bersama buah karena beberapa buah mengeluarkan aroma yang kadang merusak kondisi umbi.

Lalu untuk sesi penanaman :
- Sebelum di tanamkan dalam tanah, celup dalam air dingin sesaat untuk memberikan kelembaban pada umbi.
- Tanam pada tanah dengan kesuburan tinggi dan gembur, kemudian simpan kembali pada ruang bersuhu minus atau kulkas. Gunakan pot daripada polybag karena pot lebih baik dalam memberikan efek dingin pada tanah.
- Ketika sudah mulai muncul benih setinggi 2 -3 cm, segera keluarkan dari kulkas, sedikit gemburkan tanah dan simpan pada ruang dengan suhu sekitar 18ºc. Tanaman ini tumbuh dengan cepat di musim semi pada kawasan 4 musim, jadi dengan meletakannya pada suhu 18ºc memberikannya udara seakan sedang berada dalam kondisi musim semi.
- Hindari asupan air berlebihan, meski jangan pula Anda biarkan tanah mongering. Pada sisi lain udara sekitar harus cukup lembab karena umbi sensitif terhadap air berlebihan namun batang membutuhkan udara lembab untuk tetap segar.
- Pastikan tanah tidak mengeras terutama karena efek pendinginan, karena akar bunga tulip Belanda kurang kuat menembus tanah keras dan justru akan rusak di dalam bahkan membusuk.
- Hindari serangan tikus dengan meletakan bibit dalam rak atau kotak dan memasang kawat strimin di atasnya.

Setelah itu untuk menjaga kualitasnya kita juga harus melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
Singkirkan bunga layu sesegera mungkin
Ketika bunga mulai layu di pohon, jangan tunggu terlalu lama sebelum bunga semakin mengering. Karena Anda berkepentingan menjaga kualitas dan kondisi umbi. Ketika bunga mongering, kualitas umbi juga menurun dan kehilangan kesegarannya lagi. Untuk itu segera potong selayaknya Anda sedang memanen bunga yakni dipotong dekat umbi.
Bunga Tulip Layu

Untuk penjualanya berikut tips aman dan efektif
Bunga tulip Belanda tidak tahan lama pada udara panas, untuk itu, pastikan proses penjualan bunga hingga ke tangan konsumen berjalan cepat. Untuk itu ada baiknya Anda membangun kerjasama sebagai supplier jasa dekorasi dan florist ketimbang menjualnya pada pengepul bunga. Potong sesuai permintaan sehingga tidak ada bunga dalam stok dan terlalu lama berada dalam udara panas.
Contoh Bunga Siap Jual
Taman Bunga Tulip

Sekian untuk pembahasaan hari ini, semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda, dan bila ada kritik saran bisa langsung hubungi saya di E-mail suruya.sr@gmail.com

Terima Kasih


Sumber :
- Google
- SiapBisnis

No comments:

Post a Comment