Friday, April 24, 2015

Mempelajari Usaha Terapi Ikan

Selamat Sore semua..
Hari ini saya akan membahas tentang Terapi Ikan, namun sebelum kita bahas kita harus mengetahui apa itu Terapi Ikan.?, Terapi Ikan adalah proses ikan yang mengerumuni bagian tubuh kita (biasanya Kaki) dan ikan ikan tersebut memakan sel sel yang terdapat pada kaki kita, dari proses tersebut kita mendapatkan rangsangan yang dapat mengurangi bahkan sampai menyembuhkan beberapa penyakit.
Terapi Ikan
Terapi Ikan

Bagi anda yang memiliki usaha yang lain seperti rumah makan dengan menu ikan, dapat menambahkan usaha ini untuk tambahan dan juga sebagai daya tarik  tersendiri untuk pelanggan anda, atau bisa juga jika anda ingin mempunyai kolam ikan terapi sendiri di rumah.

Menarik kan.? untuk ikan terapi ini ada beberapa ikan yang di anjurkan dan biasa digunakan oleh pengusaha atau pihak-pihak lain, antara lain yaitu Ikan Chin-chin(Mujaer), Ikan Garra Rufa dari Turki, Ikan Nilem. diantara ikan-ikan diatas yang paling berkhasiat untuk terapi ialah ikan Garra Rufa, Kenapa.? nanti kita bahas di bawah. namun karna itu banyak sekali ikan Garra Rufa yang palsu dan ditawarkan dengan harga lebih murah yang tentu saja khasiatnya akan berbeda dari yang asli.

Dari sini kita akan mempelajari satu-persatu kelebihan dan kekurangan ikan tersebut.
1. Ikan Garra Rufa
Ikan Garra Rufa
Ikan ini memiliki fisik yang kecil, bulat memanjang, tidak memiliki gigi hisapan ikan ini hanya akan mengyedot sel kulit mati dari bagian tubuh anda, ikan ini akan mengeluarkan enzim yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan kulit yang terlalu cepat.
Kelebihanya : Membantu Memperlancar Sirkulasi darah, mengurangi bekas luka, membuat kilit menjadi lebih halus.

2. Ikan Chin Chin
Ikan Chin Chin
Ikan ini lebih dikenal dengan nama Garra Rufa palsu, bentuk ikan ini ialah besar, lebar dan pipih seperti Mujaer, ikan ini memiliki gigi dan jika sudah besar kurang lebih 6cm Keatas akan berbahaya karna akan membuat luka pada tubuh anda, dan ikan ini juga dapat membawa penyakit di giginya, sehingga dapat menularkan penyakit antara manusia yang melakukan terapi.
Kelebihan: Membantu pengelupasan sel kulit mati dan sehat.



3.  Ikan Nilem
Ikan Nilem
Mulut ikan ini tidak bergigi sehingga cocok untuk digunakan sebagai terapi ikan, ikan ini sifatnya herivora atau pemakan tumbuhan, Ikan ini meiliki ukuran yang jauh lebih besar dari ikan Garra Rufa sehingga akan memberikan sensasi yang lebih terasa bagi anda, dan juga ikan ini adalah ikan termurah sehingga bagi anda yang ingin memiliki dapat menggunakan ikan ini sebagai ikan terapi.




Namun penelitian dilakukan The Health Protection Agency di Inggris telah menginformasikan bahwa terapi ikan juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan penggunanya, seperti menularkan pernyakit HIV.
untuk itu disini saya akan membagikan beberapa tips aman untuk membuat atau mencari terapi yang aman dan menyehatkan.
Pertama bagi anda pemilik atau pengelola kolam ikan, memperhatikan prosedur kebersihan dan kesehatan dan juga selalu menguras atau mengganti air setelah terapi dilakukan.
Biasanya proses tadi sering diabaikan karena pengusaha tersebut tidak mau rugi, maka dari itu saya juga menghimbau kepada pengguna / konsumen terapi ikan agar memperhatikan kebersihan tempat terapi ikan yang akan anda kunjungi, karna biasanya orang yang ingin terapi kebanyakan bukanlah orang yang sehat, bisa saja bakteri yang telah berada di orang sebelumnya menempel di gigi ikan terapi dan mencemari air sehingga anda yang berniat ingin terapi agar lebih sehat malah pulang membawa penyakit baru yang ditinggalkan oleh orang lain.

Sekian pembahasan dari saya, semoga bermanfaat dan membantu bagi anda sekalian. Mohon maaf bila ada kesalahan kata atau informasi, dan bila berkenan mohon untuk kritik dan saranya. Terima Kasih atas perhatianya.

*Catatan : Jangan Sekali sekali anda melakukan percobaan terapi ikan menggunakan ikan Arwana karna bukan sehat malah hilang bagian tubuh anda.
Ikan Arwana

Sumber :
- Google

No comments:

Post a Comment